Senin, 05 Desember 2011



 
OLAHRAGA - SEPAKBOLA
Selasa, 06 Desember 2011 , 07:07:00

PARIS - Tidak ada kejutan dalam pengumuman tiga besar nominasi pemain terbaik FIFA Ballon d"Or kemarin (5/12). Striker Barcelona Lionel Messi, playmaker Barcelona Xavi Hernandez, dan winger Real Madrid Cristiano Ronaldo yang masuk tiga besar.
   
Messi kembali menjadi unggulan utama. Dia berpeluang menyamai Johan Cruyff, Michel Platini, dan Marco van Basten sebagai tiga pemain yang mampu mengoleksi tiga gelar pemain terbaik di Ballon d?Or. Hanya, mereka tidak menggapainya secara berurutan.
   
Musim ini, bersama Barca, dia menjuarai Liga Primera Spanyol dan Liga Champions. Pesaingnya adalah sang penyuplai umpan buat Messi, Xavi. Apalagi performa Xavi bersama negaranya jauh lebih baik ketimbang Messi bersama Argentina.
   
Xavi menjadi sosok penting bagi lolosnya Spanyol ke Euro 2012. Dia juga merupakan sosok krusial ketika Spanyol menjuarai Euro 2008 dan Piala Dunia 2010. Kolaborasinya dengan Andres Iniesta di lini tengah dianggap sebagai kolaborasi terbaik di dunia.
   
"Xavi pantas mendapatkannya, bukan karena dia yang terbaik, melainkan karena dia adalah pemain yang mampu membuat tim bisa berkembang menjadi lebih baik. Jenis pemain langka," bilang Cuyff, legenda Barca dan Belanda, seperti dikutip The Sun.
   
Selain duo Barca, masih ada Ronaldo. Pemain terbaik 2008 itu patut menjadi perhatian. Performanya bersama Real sugguh luar biasa. Musim lalu ada satu gelar yang didapatnya, yakni Copa del Rey. Musim ini, dia membantu Real memimpin klasemen sementara Liga Primera.
   
Kemudian, pada nominasi pelatih terbaik, ada tiga nama yang muncul, yakni pelatih Real Madrid sekaligus pemenang tahun lalu Jose Mourinho, pelatih Barcelona Jose Guardiola, dan manajer Manchester United Sir Alex Ferguson.
   
Mourinho memang hanya mengemas satu gelar, yakni Copa del Rey, tapi pada awal musim ini, dia mendominasi di Liga Primera dan Liga Champions. Tapi, soal koleksi gelar dia memang kalah dari Josep Guardiola dengan gelar Liga Primera dan Liga Champions.
   
Guardiola juga punya kelebihan lain karena mampu memainkan sepak bola menyerang yang atraktif. Tapi, jangan dulu meremehkan Ferguson. Secara konsisten Fergie, sapaan Ferguson, telah membawa United terus berprestasi selama dua dekade terakhir. (ham)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar